fbpx

PERBEDAAN REAL PROPERTY DAN REAL ESTATE

Share

Berdasarkan ilmu penilaian (aprasial) , properti dapat digolongkan dalam tiga kategori, yaitu tangible (berwujud), intangible (tak berwujud), dan marketable securities (surat-surat berharga).

Tangible property (aset berwujud) dibagi menjadi dua, yakni real property yang terdiri dari tanah dan bangunan, dan personal property, yang dapat berwujud mesin, furnitur, kendaraan, perhiasan, dan lain-lain. Intangible property (aset tak berwujud) dapat berupa goodwill, hak paten, franchise, trademark, dan copyright (hak cipta).

Sedangkan, marketable securities atau surat-surat berharga berbentuk saham, obligasi, promisory notes, dan penempatan modal. Pada pembahasan ini kita akan fokus pada properti yang berwujud, yaitu real property.

Orang seringkali menganggap real property dengan toal estate adalah dua istilah yang sama artinya. Namun kenyataannya, kedua istilah tersebut memiliki arti vang berbeda. Real property didefinisikan sebagai “the interest, benefits, and rights inherent in the ownership of real estate”.

Dengan kata lain, real property adalah kepentingan dan hak-hak yang menyangkut kepemilikan tanah, bangunan, dan perbaikan yang menyatu terhadapnya. Real estate-yang telah diindonesiakan menjadi real estat-didefinisikan sebagai “land and all improvement made both on and to land” atau tanah dengan segala perbaikan dan perkembangannya.

Perbaikan yang dimaksudkan adalah semua buatan manusia yang dilekatkan pada tanah. Sehingga, real estat bisa diartikan sebagai tanah dan semua benda yang menyatu di atasnya (berupa bangunan) serta yang menyatu terhadapnya (halaman, pagar, jalan, saluran, dan lain-lain yang berada di luar bangunan).

Jadi, perbedaan dari kedua istilah tadi: real property adalah istilah yang menyangkut hubungan hukum antara obyek (real estat) dengan subyek. Sedangkan istilah real estate hanya menyangkut obyek itu sendiri (tanah dan bangunan).

Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih dalam bagaimana berinvestasi yang benar, investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini serta tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan, ikuti webinar online Panangian School of Property.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *