fbpx

PANDEMI MASIH BERGELIAT, SEBAIKNYA DP RUMAH ATAU INVESTASI ?

Share

Memiliki rumah bisa dibilang jadi impian orang-orang. Banyak cara untuk memiliki hunian misalnya membeli secara tunai atau membeli dengan  kredit pemilikan rumah (KPR), sampai kredit ke developer.
Di tengah kondisi pandemi ini cocoknya apakah menggunakan KPR, mengumpulkan uang untuk DP atau uangnya diinvestasikan dulu ke saham?


Menurut Pakar Properti sekaligus CEO Panangian School of Property, Panangian Simanungkalit, lebih baik mengumpulkan uang dulu sambil menunggu tingkat suku bunga KPR semakin menurun lagi baru kemudian membeli rumah.


Menurutnya, sebelum membeli Rumah perlu beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan seperti kesiapan DP, kemudian cari lokasi yang mudah transportasinya ke tempat kerja dan ke tempat berbagai fasilitas umum sperti sekolah, klinik, RS, Pasar, dsb.


“Carilah rumah yang terjangkau sesuai daya beli. Misalkan penghasilan 10 jt/bln, maka cicilan untuk rumah (KPR) , maksimal 1/3 dari gaji per bln, atau 3,3 jt.” ungkapnya, Senin 8/2/2021.


Beliau juga mengatakan untuk mencari KPR yang cicilannya sekitar 3,3 Jt, dengan menyiapkan dana darurat minimal 6 kali pengeluaran per bulan untuk mengantisipasi apabila secara mendadak, terkena phk, kecelakaan berat, dirumahkan karena disebabkan krisis ekonomi seperti tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *