PREDIKSI BANGKITNYA PROPERTI JIKA PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA DI ATAS 4,8%

Share

[Sassy_Social_Share type="floating"]

Bank Indonesia (BI) memprediksi perekonomian Indonesia pada tahun 2021 akan tumbuh pada kisaran angka 4,8-5,8 persen.

Pertumbuhan perekonomian Indonesia ini akan didukung oleh perbaikan sejumlah komponen penyusun Produk Domestik Bruto (PDB).

Menurut Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto, jika ekonomi membaik dengan pertumbuhan di atas 4,8 persen, maka sektor properti akan mengikuti.

“Namun, pertumbuhan yang ditunggu-tunggu ini patut kita baca sebagai katalisator sektor properti sebab, dibutuhkan upaya luar biasa untuk mencapai pertumbuhan di atas 4,8 persen pada akhir tahun (2021),” ujar Ferry dalam laporannya yang dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/1/2021).

Kemudian, Pengamat Properti Panangian Simanungkalit mengungkapkan bahwa ada beberapa syarat yg hrs dipenuhi agar sektor properti pulih, adalah pertumbuhan ekonomi pada semester pertama thn ini minimal antara 3-4%. Kemudian pemulihan sektor properti akan dimulai pada semester ke 2 tahun ini.

“Pencapaian itu akan bisa terpenuhi, dengan syarat bila program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah berjalan mulus sesuai rencana pada tahun ini.” ujarnya.

Lanjutnya, Beliau mengemukakan tantangan bagi investor properti adalah bagaimana mencari properti-properti dengan penawaran yg menguntungkan investor. Dengan kata lain bagaimana menemukan pengembang yang menjual produk properti dengan harga diskon. Ataupun menemukan pemilik properti (perseorangan), yang mau menjual propertinya dengan harga dibawah pasar.

“Memang susah-susah gampang. Tapi kalau dicari pasti bisa ditemukan di pasar pada saat ini,” katanya, Kamis 25/02/2021.

Kemudian tantangan bagi pengembang adalah bagaimana mengatur cashflow perusahaan ditengah pandemi seperti sekarang ini, agar bisa survive hingga akhir tahun, sambil menunggu pemulihan sektor properti yang lebih solid hingga pada awal tahun depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *