RUMAH TAPAK MASIH MENJADI PRIMADONA

Share

[Sassy_Social_Share type="floating"]

Tidak dapat dipungkiri tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan primer bagi manusia. Tempat tinggal tersebut bisa berwujud Rumah, Apartemen ataupun Kos-kosan.

Tempat tinggal itu sendiri berfungsi sebagai tempat kita bernaung, berkumpul dengan keluarga maupun tempat kita melepas penat setelah seharian bekerja.

Nah, salah satu tempat tinggal yang banyak dipilih adalah Rumah tapak (landed house). Rumah tapak adalah jenis rumah yang langsung dibangun di atas tanah. Setiap unitnya berdiri secara mandiri tidak seperti hunian vertikal yakni Apartemen dan Rumah Susun.

Jenis hunian ini adalah salah satu jenis hunian yang paling banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat, karena ketika membeli rumah tapak, maka kamu akan sekaligus memiliki kepemilikan terhadap lahan rumah yang kamu miliki.

Hal ini tentunya berbeda dengan Apartemen atau Rumah Susun yang hanya memberikan hak guna bangunan saja.

Selain itu Rumah tapak memiliki kelebihan, sebagai investasi pasarnya sangat besar dan jangkauannya sangat luas mengingat sebagian besar masyarakat indonesia masih lebih menyukai dan memilih untuk tinggal di rumah tapak ketimbang di rumah susun/apartemen.

Proporsi antara luas tanah dan bangunan pada rumah tapak misalkan rumah tipe 36/90, menunjukkan luas tanah hampir 3 kali luas bangunan. Berbanding terbalik dgn proporsi luas tanah dan bangunan di rumah susun.

Luas tanah hanya sekitar seperempat luas bangunannya. Misalnya apartemen seluas 36 meter persegi, luas tanah dalam sertifikat satuan rumah susun nya paling hanya 9 meter persegi. Karena diatas 1 meter persegi tanah bisa dibangun sekitar 4 meter persegi luas tanah.

Mengingat harga tanah lebih cepat naik ketimbang harga bangunan, maka secara umum kenaikan rumah tapak lebih tinggi dibandingkan rumah susun.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam bagaimana berinvestasi yang benar, investasi properti apa saja yang paling menguntungkan saat ini serta tips dan trik memilih investasi yang paling menguntungkan, ikuti webinar online Panangian School of Property.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *